..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Trik Mengendarai Mobil Matik Toyota saat Lewat Tanjakan Panjang

Trik Mengendarai Mobil Matik Toyota saat Lewat Tanjakan Panjang

Dipublish pada 5 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 123 kali | Kategori: Promo & Info

Mobil dengan transmisi matik memiliki keunggulan saat digunakan di jalanan perkotaan terutama jalur macet karena tak perlu lagi memainkan pedal kopling. Ketika melewati jalur menanjak seperti di pegunungan, maka pengemudi harus waspada. Mampukah mobil matik Toyota melewati tanjakan panjang tanpa kesulitan? Bisa saja, sepanjang pengemudi paham strateginya.

Dikutip dari toyota.astra.co.id menyebutkan saat menanjak, otomatis distribusi beban langsung pindah ke belakang. Semakin curam tanjakannya, semakin jauh ke belakang. Hal ini akan menyulitkan mobil masa kini yang rata-rata menggunakan sistem penggerak roda depan lantaran ban depan jadi mudah kehilangan traksi.

Meski begitu, ini malah jadi makanan empuk mobil penggerak roda belakang seperti Toyota Avanza lantaran daya cengkeram bertambah dengan pindahnya titik berat ke belakang. Oleh sebab itu, pengemudi harus bisa mengail torsi dengan baik dan menjaga agar mobil tidak kehabisan momentum di tengah tanjakan. Terutama untuk mobil matik yang punya mechanical lost cukup tinggi.

Untuk mobil matik konvensional, cara menjaga torsi terbilang mudah. Cukup arahkan tuas transmisi ke posisi L atau 1, maka gigi transmisi akan bertahan di gigi 1. Matikan AC agar beban mesin lebih ringan. Selanjutnya pengemudi tinggal menekan pedal gas secara halus dan biarkan ban mobil mulai mencari daya cengkeram. Jangan ditekan habis karena mobil akan kian mendongak karena gaya dorong ke belakang dan ban depan semakin sulit mendapatkan traksi. Jaga injakan pedal gas sekitar setengah dan biarkan mobil terus meluncur memanfaatkan momentum.

Pengemudi juga harus sabar dan jaga irama mesin hingga tanjakan berakhir. Segera pindah tuas transmisi ke D bila sudah melalui tanjakan untuk memberikan transmisi mobil kamu kesempatan untuk sedikit beristirahat. Beberapa mobil CVT juga masih menggunakan pola serupa. Bedanya, kamu harus lebih sabar saat start karena respons transmisi sabuk baja ini relatif lebih lambat. Kuncinya adalah ban depan mobil kamu harus mendapatkan traksi yang optimal.

Jika mobil sudah ada mode berkendara dan tidak ada pilihan gigi L atau 1, posisikan tuas transmisi di S atau Sport. Aktifkan kontrol traksi agar torsi mobil diberikan pada ban dengan traksi paling optimal. Lakukan kickdown untuk memberi arahan pada komputer bahwa kamu butuh torsi besar dan menjaga transmisi tetap berada di gigi rendah atau gigi 1. Saat mobil berjalan, jaga irama seperti di matik konvensional.

Sementara jika ada mode manual, pengemudi tinggal arahkan transmisi ke gigi 1 dan perlakukan mobil seperti arahan di atas. Sebenarnya kamu tetap bisa menanjak dengan tetap memposisikan tuas transmisi di D. Tinggal kickdown, dan ikuti petunjuk di atas.

Masalahnya adalah pengemudi harus paham karakter perpindahan gigi mobil kamu. Salah menjaga irama, gigi akan pindah ke posisi lebih tinggi dan kehilangan momentum. Selain sabar, hal lain yang tak kalah penting adalah jangan grogi. Karena bila grogi, maka segala teori yang ada di pikiran akan lenyap dan bisa kehilangan kendali atas mobil.

Bagikan informasi tentang Trik Mengendarai Mobil Matik Toyota saat Lewat Tanjakan Panjang kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Tips Membersihkan Dashboard Mobil

Dipublish pada 13 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 224 kali | Kategori: Promo & Info

Noda dari parfum mobil dapat menimbulkan belang pada dashboard mobil karena mengandung zat kimia. Zat kimia apabila terkena bahan plastik dan ditambah hawa panas di dalam mobil maka lama kelamaan akan merusak dashboard mobil. Perawatan rutin mobil tentu diperlukan agar... selengkapnya

5 Perbedaan Toyota C-HR Hybrid dan Versi Standar

Dipublish pada 18 November 2019 | Dilihat sebanyak 224 kali | Kategori: Promo & Info

Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek mobil-mobil Toyota di Indonesia belum lama ini meluncurkan secara resmi Toyota C-HR Hybrid. Ya, salah satu mobil ramah lingkungan ini jadi varian lain Toyota C-HR yang sebelumnya sudah dirilis pada awal tahun... selengkapnya

Cara Membersihkan Ban Mobil

Dipublish pada 25 Januari 2020 | Dilihat sebanyak 157 kali | Kategori: Promo & Info

Ban merupakan salah satu faktor penting yang sangat mendukung keselamatan berkendara. Ban mobil yang kotor, selain merusak keindahan mobil, juga berpengaruh besar terhadap fungsi optimal ban tersebut. Membersihkan ban mobil sebenarnya mudah dilakukan. Kondisi ban mobil akan mempengaruhi traksi (... selengkapnya

Jejak Pengunjung

21704
Hari ini : 97
Kemarin : 93
Bulan ini : 1325
Tahun ini : 4262
Total Kunjungan : 21704
Hits Hari ini : 550
Total Hits : 59624
Who's Online : 5

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang