..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Tips Merawat Mobil yang Tidak Digunakan Selama Karantina Diri

Tips Merawat Mobil yang Tidak Digunakan Selama Karantina Diri

Dipublish pada 27 April 2020 | Dilihat sebanyak 157 kali | Kategori: Promo & Info

Zaman sekarang, banyak masyarakat yang sudah memiliki transportasi pribadi, salah satunya adalah mobil. Mobil pribadi memang menjadi alternatif bagi sebagian masyarakat agar dapat bepergian dengan nyaman. Namun, karena pandemi virus COVID-19, banyak masyarakat memilih untuk karantina diri di rumah dan tidak menggunakan mobil pribadinya untuk bepergian. Meski tidak digunakan, mobil juga butuh perawatan rutin. Berikut tips untuk merawat mobil yang lama tidak digunakan selama karantina diri.

Jaga Kebersihan Mobil

Menjaga kebersihan dan merawat mobil sudah menjadi kewajiban bagi pengguna mobil, apalagi ketika mobil jarang dipakai ketika sedang karantina diri. Usahakan untuk mencuci dan merawat bagian eksterior agar cat tetap terlihat segar. Bersihkan pula interior agar terhindar dari bau apek akibat jamur dan lumut. Tutuplah mobil dengan cover agar cat mobil tetap terlindungi.

Perhatikan Kondisi Oli Mesin

Salah satu hal yang penting dalam merawat mobil adalah dengan memperhatikan kondisi oli mesin. Pastikan oli mesin berada di volume yang penuh atau cukup. Ketika volume oli dan ada sisa ruang dapat menyebabkan embun dan merusak mesin. Pengguna mobil disarankan untuk menguras atau menggantinya terlebih dahulu sebelum memakai kembali mobil.

Cek Kondisi Ban

Kondisi ban perlu diperhatikan jika mobil tidak digunakan. Tekanan angin ban pada mobil yang jarang digunakan akan cepat berkurang karena angin dalam ban tidak terdistribusi dengan baik. Apabila ban kempes dibiarkan terlalu lama, dapat berdampak pada kerusakan pelek. Oleh karena itu penting untuk mengecek tekanan angin pada ban.

Selain tekanan angin ban, perhatikan ketebalan pattern pada bagian mobil. Jika pattern dari ban menipis, maka ban mobil perlu diganti. Ban yang menipis tentunya sangat berbahaya apabila bertemu di jalan aspal yang kasar dan terkena suhu tinggi pada permukaan ban. Hal ini dapat berdampak pada pecah ban dan musibah yang tidak diinginkan.

Perhatikan Kondisi Aki Mobil

Komponen kelistrikan pada mobil biasanya menjadi yang paling rawan rusak. Disarankan untuk mengecek kondisi kepala aki dan ketinggian air aki mobil. Kepala aki harus dibersihkan dengan cara mengguyur cairan penetrant untuk mencegah korosi dan menahan aliran listrik. Pengemudi disarankan untuk voltase aki. Ketika mobil dihidupkan maka voltase harus berada di kisaran 12,8 – 14,2 volt. Hal ini menunjukkan bahwa performa aki dalam kondisi baik atau tidak.

Demi mencegah resiko kehilangan daya listrik pada saat mobil tidak dipakai, sebaiknya kabel aki dilepas mulai dari kutub negatif ke kutub positif. Untuk memasangnya kembali, lakukan pemasangan dari kutub positif ke kutub negatif.

Lihat Ketinggian Minyak Rem

Rem merupakan salah satu komponen penting pada mobil. Pengguna mobil disarankan untuk memperhatikan ketinggian minyak rem pada tabung. Bila miyak rem telah menurun jauh, tambahkan minyak rem yang sesuai dengan rekomendasi pabrik atau dengan nilai DOT yang sama.

Cek Kondisi Wiper

Komponen Wiper pada mobil juga perlu diperhatikan. Periksalah karet wiper dan selalu bersihkan wiper. Apabila dalam kondisi buruk dan wiper kotor, kaca mobil bisa menjadi kotor dan dapat menyulitkan pandangan pengendara. Selain kebersihan wiper, ketersediaan cairan wiper juga perlu dicek agar tidak kekurangan. Gunakan cairan wiper yang memiliki kandungan khusus larutan pembersih kaca rekomendasi pabrikan.

Cek Kondisi Filter Udara

Filter udara pada mobil merupakansalah satu komponen yang perlu dicek. Jika filter udara kotor, pasokan udara ke ruang bakar akan tersendat dan tarikan mobil terasa berat. Hal ini juga mengakibatkan konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih boros. Pembersihan filter udara ini sebaiknya dilakukan secara rutin.

Bagikan informasi tentang Tips Merawat Mobil yang Tidak Digunakan Selama Karantina Diri kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Agya Facelift 2020 Tepergok Kamera, Ini Tanggapan Toyota Indonesia

Dipublish pada 12 Maret 2020 | Dilihat sebanyak 168 kali | Kategori: Promo & Info

Foto mobil Toyota Agya facelift saat sedang dikirim bocor di dunia maya. Pembaruan Toyota Agya membuatnya terlihat lebih segar, mengingatkan pada wajah Toyota Calya. Ditanya menyoal foto Toyota Agya facelift yang bocor di dunia maya, Dimas Aska selaku Public Relation PT TAM (Toyota Astra... selengkapnya

Menebak Wujud dan Teknologi Toyota Innova 2020

Dipublish pada 16 Januari 2020 | Dilihat sebanyak 186 kali | Kategori: Promo & Info

Toyota Innova sudah mengaspal selama empat tahun di Indonesia. Sampai saat ini, belum terlihat adanya tanda-tanda Toyota menyegarkan MPV andalannya tersebut. Kendati tahun depan, mestinya jadi waktu yang pas untuk sodorkan penyegaran. Dan jika itu terjadi, ada beberapa perubahan yang... selengkapnya

Toyota Merilis Mobil Sport Baru

Dipublish pada 30 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 533 kali | Kategori: Promo & Info

  Toyota sudah berencana untuk mengeluarkan mobil sport lagi setelah merilis Toyota 86 (atau GT86 di negara-negara lain) pada tahun ini. Mobil tersebut adalah Toyota Supra. Toyota Supra sebenarnya sudah dirilis pertama kali sejak tahun 1978. Mobil tersebut merupakan salah satu mobil ikonik... selengkapnya

Jejak Pengunjung

29281
Hari ini : 35
Kemarin : 87
Bulan ini : 2308
Tahun ini : 11839
Total Kunjungan : 29281
Hits Hari ini : 318
Total Hits : 89382
Who's Online : 1

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang