..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Baik

Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Baik

Dipublish pada 4 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 170 kali | Kategori: Promo & Info

Hampir setiap pemilik mobil di Indonesia memiliki kebiasaan yang sama, yaitu memanaskan mesin mobil di pagi hari atau sebelum digunakan. Tidak ada yang salah dengan kebiasaan tersebut, hanya saja seiring dengan kemajuan teknologi dalam mesin mobil ternyata membuat keharusan memanaskan mobil tersebut menjadi semakin berkurang. Hal ini karena adanya keberadaan Electronic Control Unit (ECU) yang mengatur kebutuhan bahan bakar dan udara untuk proses pembakaran agar lebih optimal. Sehingga memanaskan mobil untuk mencapai suhu optimal pembakaran mesin mobil tidak lagi terlalu dibutuhkan.

Meski demikian, bukan berarti memanaskan mobil benar-benar tidak dibutuhkan. Idealnya, jika mobil lama tidak digunakan (misalkan 6 jam atau lebih), biasanya semalaman dan akan digunakan pada pagi hari, maka memanaskan mobil cukup dilakukan selama kurang lebih 1 menit saja. Lebih dari itu, maka selebihnya hanya membuang-buang bahan bakar saja. Namun perlu diperhatikan, ini adalah untuk mobil keluaran terbaru yang sudah mengusung teknologi injeksi.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan terkait kebiasaan memanaskan mesin mobil adalah keberadaan pelumas mesin. Konon, setelah lama tidak digunakan maka oli pelumas mesin akan turun dan tidak lagi melapisi komponen dalam mesin. Hal ini tidak sepenuhnya benar, karena ternyata pelumas sekarang sudah mampu untuk tetap tersisa dan ‘mengikat’ pada komponen mesin saat mobil tidak digunakan. Maka dari itu, waktu satu menit tadi sudah cukup untuk memancing kembali pelumas bekerja dengan optimal. Syaratnya, anda menggunakan pelumas mobil yang sesuai dengan ketentuan dari pabrikan kendaraan.

Jika mobil anda masih termasuk mobil keluaran lama, atau mobil yang menggunakan karburator, maka memanaskan mobil masih menjadi kebutuhan yang sedikit lebih penting dibandingkan mesin mobil terbaru. Namun, tidak perlu memanaskan mobil hingga 5 atau 10 menit. Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan adalah antara 2 hingga 3 menit. Dan perlu diingat, saat memanaskan mobil, tidak perlu menginjak gas mobil terlalu dalam. Biarkan mobil berada pada kondisi stasioner saja. Dan jangan menyalakan AC mobil saat memanaskan, kecuali mobil sudah akan digunakan dalam kondisi stabil. Hal ini bertujuan agar kerja mesin tidak terlalu berat.

Setelah dirasa cukup, maka silahkan kendarai mobil anda untuk digunakan. Namun di awal, jalan saja secara perlahan. Misalkan untuk keluar dari garasi rumah dan keluar dari komplek. Dengan cara ini, maka mesin mobil akan lebih stabil. Saat mobil berjalan ini, sesekali tekan pedal gas cukup dalam (dalam kondisi kopling diinjak) untuk menggeber mesin agar kotoran dan kerak yang terdapat dalam mesin bisa keluar dan terbuang melalui knalpot. Tidak perlu terlalu sering, mungkin hanya sesekali dalam seminggu saja.

Selanjutnya adalah saat anda memanaskan mobil, pastikan anda melakukannya di ruangan terbuka. Biasanya, banyak orang yang akan memarkir mobil dalam garasi mobil di dalam rumah. Saat pagi hari akan memanaskan mobil, terlebih dahulu buka pintu garasi dengan lebar agar udara bebas keluar masuk. Saat memanaskan mesin mobil, emisi gas buang yang keluar dari knalpot akan menjadi polusi dan racun yang bertebaran di udara. Jika anda memanaskan mobil dalam garasi tertutup, sangat dikhawatirkan jika polusi tersebut justru akan masuk ke dalam rumah anda sendiri.

Bagikan informasi tentang Tips Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Baik kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

5 Perbedaan Toyota C-HR Hybrid dan Versi Standar

Dipublish pada 18 November 2019 | Dilihat sebanyak 224 kali | Kategori: Promo & Info

Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merek mobil-mobil Toyota di Indonesia belum lama ini meluncurkan secara resmi Toyota C-HR Hybrid. Ya, salah satu mobil ramah lingkungan ini jadi varian lain Toyota C-HR yang sebelumnya sudah dirilis pada awal tahun... selengkapnya

5 Kelebihan Toyota All New Innova yang Bikin Ingin Memiliki

Dipublish pada 12 Mei 2020 | Dilihat sebanyak 170 kali | Kategori: Promo & Info

Kelebihan Toyota All New Innova Kelebihan Toyota menjadi pertimbangan konsumen ketika ingin memutuskan membeli mobil ini. Apalagi setiap orang pasti dihadapkan pada kebutuhan mendasar yang dicari pada mobil tersebut, seperti soal kenyamanan dan performa. Toyota All New Innova merupakan generasi... selengkapnya

5 Tips Merawat Toyota Avanza agar Tetap Prima

Dipublish pada 25 April 2020 | Dilihat sebanyak 95 kali | Kategori: Promo & Info

Berikut ini akan di jelaskan, setidaknya ada beberapa jenis-jenis perawatan untuk Toyota Avanza yang harus dilakukan menurut salah satu mekanik bengkel resmi tunas toyota serang antara lain: 1. Memanaskan Mesin Sebelum Digunakan Memanaskan mesin bertujuan agar oli dapat mengalir secara... selengkapnya

Jejak Pengunjung

21704
Hari ini : 97
Kemarin : 93
Bulan ini : 1325
Tahun ini : 4262
Total Kunjungan : 21704
Hits Hari ini : 553
Total Hits : 59627
Who's Online : 5

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang