..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Roda Mobil Perlu Dirotasi, ini Alasan dan Caranya

Roda Mobil Perlu Dirotasi, ini Alasan dan Caranya

Dipublish pada 29 Januari 2020 | Dilihat sebanyak 242 kali | Kategori: Promo & Info

Merotasi ban merupakan tindakan sederhana. Tapi tahukah Anda, perlakuan ini penting, khususnya dalam menjaga kondisi ban. Seiring pemakaian, roda mobil mengalami penurunan masa pakai. Namun, tingkat keausan di tiap sisi bisa berbeda-beda. Pasalnya, banyak faktor yang mempengaruhi habisnya si tapak ban.

“Jadi biar pemakaian dan habisnya ban bisa merata, dilakukan rotasi,” jelas Frankie Paduli, Manager General Affair PT Bridgestone Tire Indonesia.

Faktor pertama, sistem penggerak yang digunakan mobil. Ban yang terhubung dengan perangkat ini bakal lebih cepat habis. Selanjutnya pengereman. Bagian depan tentu yang paling aktif menerima tekanan dari komponen penghenti laju. Maka diperlukan rotasi agar roda lebih awet.

“Karena lazimnya saat ini penggerak roda depan dan yang belakang mengikuti, biasanya yang depan lebih cepat aus,” kata Frankie.

Ban yang jarang mendapatkan perlakuan ini, selain cepat habis juga membahayakan. Perlu diwaspadai, ban gundul berisiko mengalami kehilangan traksi. Dampaknya, mobil jadi sulit dikendalikan. Apalagi saat melewati jalan basah atau di tengah kondisi hujan, Anda bisa saja terlibat kecelakaan.

Namun, perlu diketahui terdapat formula yang perlu diikuti sebelum merotasi, agar hasil optimal. Komposisinya mengikuti sistem penggerak. Untuk mobil front wheel drive (FWD) ada dua pola. Pertama meletakkan kedua ban depan ke belakang sesuai posisi. Sedangkan roda belakang dipindahkan menyilang.

Alternatif lain, dengan membentuk pola X. Jadi ban belakang ditempatkan ke depan dengan posisi yang sudah bertukar. Kondisi ini berlaku pula untuk roda depan. Langkah itu penting, karena FWD membuat ban bekerja ekstra karena diajak berakselerasi dan bermanuver mengikuti putaran kemudi. Untuk penggerak roda belakang (rear wheel drive) dan all wheel drive (AWD) hanya ada satu, yaitu memposisikan ban belakang ke depan sesuai letaknya. Diikuti ban depan yang dibalik tempatnya.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk memutar ban? Saat melakukan servis berkala di bengkel atau tiap 10 ribu km. Tetapi, bila dirasa perlu kurang dari masa itu, tak ada salahnya. Sebenarnya Anda bisa mengaplikasikan sendiri di rumah, tetapi hal ini punya sisi buruk. Ban bisa saja menjadi tidak seimbang atau tak lurus. Karena itu dibutuhkan spooring dan balancing. Proses ini hanya bisa dikerjakan di bengkel. Selain itu, ada benefit lain, tenaga mekanik biasanya memeriksa terlebih dahulu dan memilih ban yang dinilai perlu ditukar.

“Setelah servis kalau merasa perlu dilakukan rotasi, ya kita lakukan,” tutupnya.

Bagikan informasi tentang Roda Mobil Perlu Dirotasi, ini Alasan dan Caranya kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Menerobos Genangan Air, Pengemudi Wajib Perhatikan Ini

Dipublish pada 6 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 155 kali | Kategori: Promo & Info

Indonesia saat ini sudah memasuki musim hujan yang cukup lebat. Kondisi ini membuat beragam kondisi jalan ditemui pengemudi roda empat seperti tanah berlumpur, banjir dan genangan air. Untuk kondisi terakhir ini kerap ditemui di jalan-jalan di kota besar. Melihat genangan... selengkapnya

6 Tips yang Harus Kamu Ketahui Sebagai Pemilik Mobil

Dipublish pada 10 Maret 2020 | Dilihat sebanyak 326 kali | Kategori: Promo & Info

Merawat dan menjaga mobil bisa menjadi tugas yang mudah jika ada niatan dari para pemilik mobilnya. Tentu saja ada banyak masalah yang bisa di alami oleh sebuah mobil mulai dari lampu mobi yang mulai sedikit redup dengan kaca yang semakin... selengkapnya

Harga Mobil Baru Toyota Calya, Avanza dan Innova di 2020

Dipublish pada 6 Mei 2020 | Dilihat sebanyak 455 kali | Kategori: Promo & Info

PT Toyota Astra motor (TAM) kembali menaikan harga produk-produk Toyota pada awal tahun 2020. Kenaikan harga ini merupakan hal biasa karena setiap pergantian tahun selalu ada kenaikan harga mobil. Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi mengatakan kenaikan harga yang terjadi... selengkapnya

Jejak Pengunjung

29154
Hari ini : 60
Kemarin : 83
Bulan ini : 2181
Tahun ini : 11712
Total Kunjungan : 29154
Hits Hari ini : 355
Total Hits : 88514
Who's Online : 2

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang