Setiap kendaraan bermotor pasti dilengkapi dengan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Di lembar STNK harus dilampirkan lembar pajak kendaraan yang diterbitkan oleh SAMSAT dimana pemilik kendaraan tinggal.Nah, pajak kendaraan yang dibayar pemilik setiap tahunnya termasuk juga pengesahan STNK. Maka dari itu banyak orang menyebut sebagai perpanjang STNK. Bagi yang masih baru memiliki kendaraan, atau awam soal membayar pajak di SAMSAT, maka bakal menerima banyak godaan dari calo yang menawarkan jasa.

Anda tidak perlu bingung, atau bahkan memakai jasa calo. Sebab pembayaran pajak tahunan ini sebenarnya mudah. Kecuali, Carmudian ogah ribet dan tidak punya banyak waktu maka bisa memanfaatkan ‘biro jasa’ namun dengan biaya yang juga tidak sedikit.

Perpanjangan STNK ada 2 macam, yakni perpanjangan tahunan dan perpanjangan 5 tahunan (ganti plat nomor). Dari kedua macam perpanjangan STNK ini tentu akan memiliki sedikit perbedaan dari prosesnya. Agar lebih jelas kita simak ulasan berikut ini.

Perpanjangan Tahunan

Membayar pajak kendaraan untuk yang tahunan sangat mudah, apalagi sekarang sudah tersedia fasilitas drive thru di kantor SAMSAT untuk pemilik kendaraan yang butuh waktu cepat. Proses di drive thru ini bila tidak mengantri sebenarnya cukup cepat, sekitar 15-30 menit saja.

Sebenarnya cukup mudah untuk mengikuti tahapan proses perpanjangan STNK tahunan. Berikut adalah prosedur/ mekanisme mengurus perpanjangan STNK tahunan:

  1. Langsung pergi ke loket. Biasanya di sini anda akan banyak dipanggil oleh para calo. Padahal, di loket ini tertera juga prosedur dan mekanisme proses perpanjangan STNK anda.
  2. Mintalah pada petugas yang berada di loket sebuah formulir pengajuan perpanjangan STNK. Petugas tersebut kemudian akan memberikan sebuah formulir perpanjangan STNK. Isi oleh anda dengan lengkap.
  3. Setelah formulir diisi dengan lengkap, sertakan juga lampirannya. Lampirannya adalah:
  • STNK Asli dan Fotokopi
  • Fotokopi BPKB (Bagi kendaraan kredit bisa minta fotokopi BPKB ke leasing dengan legalisir)
  • KTP asli dan Fotokopi (usahakan alamat dan data diri lainnya sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB anda).
  1. Setelah anda menyerahkan formulir dan lampiran- lampirannya, anda akan diberikan slip pembayaran pajak kendaraan tahunan.
  2. Bayarkan pajak tersebut ke kasir sesuai dengan jumlah yang tertera pada slip pembayaran pajak kendaraan anda tersebut. Kemudian anda akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak. Bukti tersebut untuk diserahkan ke loket selanjutnya untuk pengambilan STNK yang baru.
  3. Silahkan anda tunggu hingga nama anda dipanggil dan STNK anda pun telah diperpanjang selama satu tahun ke depan.

Pembayaran melalui SAMSAT Drive Thru

Nah, itu untuk proses pembayaran di loket. Bagaimana dengan bayar pajak tahunan di SAMSAT Drive Thru? Caranya lebih mudah lho Carmudian, Anda tidak perlu bolak-balik ke loket dan menunggu nama dipanggil.

Di pelataran parkir SAMSAT sekarang sudah tersedia loket untuk pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak. Anda tinggal arahkan mobil atau motor sesuai loketnya masing-masing. Saat ingin membayar di loket Drive Thru, Anda harus membawa berkas berikut:

  • STNK Asli dan Fotokopi
  • BPKB Asli
  • KTP Asli (usahakan alamat dan data diri lainnya sama dengan yang tertera di STNK dan BPKB anda).

Petugas SAMSAT akan meminta berkas asli tersebut untuk diverifikasi dan diperiksa. Kemudian, Anda tinggal maju ke loket kasir untuk melakukan pembayaran pajak tahunan sesuai nominal yang disebutkan petugas. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima lembar STNK yang sudah dilampiri pajak tahunan yang baru serta berkas yang tadi diminta untuk verifikasi keabsahan kendaraan.

Saat bayar pajak via drive thru ini harus membawa kendaraan yang pajaknya akan dibayarkan dan pemilik sesuai nama di KTP, BPKB dan STNK. Apabila kendaraan atau pemiliknya tidak ada maka Anda diminta petugas untuk membayar di loket dalam kantor.

Bila semuanya lengkap, pembayaran pajak kendaraan pada loket drive thru jelas sangat singkat. Prosesnya dari penyerahan berkas sampai membayar pajak tidak sampai lima menit. Yang lama dari bayar pajak di sini yaitu antriannya yang cukup panjang apabila di hari Sabtu.

Mudah bukan?

Perpanjangan 5 Tahunan

Pada perpanjangan STNK 5 tahunan ini akan dilakukan cek fisik pada kendaraan anda. Untuk itu, Anda harus melakukan pendaftaran lewat loket cek fisik di bagian belakang gedung SAMSAT.

Petugas di sana telah menunggu dan siap membantu anda. Petugas akan mengeluarkan kertas yang ditempel ke nomor rangka dan nomor mesin kendaraan anda, lalu digosok menggunakan pensil sampai nomornya muncul. Biasanya diberi istilah “esek-esek”.

Petugas esek-esek ini sudah hafal dimana letak nomor mesin dan nomor rangka mobil atau motor yang jumlahnya banyak di pasaran. Untuk mobil yang populasinya langka, lebih baik anda telah mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin kendaran anda tersebut.

Biasanya, proses penggesekan nomor rangka dan mesin tidak akan dipungut biaya. Namun jika menurut anda proses tersebut terlihat merepotkan dan menyulitkan (untuk melihat nomor rangka atau mesin harus membuka banyak bagian bodi), anda bisa mengambil inisiatif untuk memberi ‘uang tips’ ke petugasnya.

Setelah proses cek fisik selesai, proses selanjutnya akan sama dengan proses perpanjangan tahunan. Dalam pajak lima tahunan ini tidak bisa membayar via SAMSAT Drive Thru karena Anda juga harus mengurus plat nomor baru.

Setelah cek fisik selesai, Anda tinggal membawa nomor berkas ke loket pembayaran pajak di dalam kantor SAMSAT. Proses selanjutnya yaitu pemeriksaan berkas sebagaimana pajak tahunan kemudian membayar jumlah pajak ditambah biaya cetak plat nomor baru.

Setelah Anda menerima STNK baru, Anda juga menerima lembar untuk mengambil plat nomor baru. Namun, plat nomor atau lembar STNK di beberapa SAMSAT saat ini (khususnya di wilayah Jabodetabek) tidak bisa diterima saat itu juga karena antrian pembuatan plat nomor yang sangat panjang.

Biasanya plat nomor akan selesai dikerjakan kurang lebih 2-3 bulan setelah anda menerima STNK baru. Nah untuk lembar STNK baru yang habis, petugas SAMSAT biasanya akan memberikan lembar STNK lama dengan stempel legalisir.

Petugas akan meminta nomor telepon anda untuk dihubungi kembali bila plat nomor atau blanko STNK baru sudah tersedia. Apabila Anda diberhentikan petugas Polantas di jalan karena memakai plat nomor yang sudah kadaluarsa atau menunjukkan STNK lama, anda dapat menunjukkan catatan tersebut.

Untuk Plat Nomor di beberapa SAMSAT saat ini (khususnya di wilayah Jabodetabek) tidak bisa diterima saat itu juga karena antrian pembuatan plat nomor yang sangat panjang. Biasanya plat nomor akan selesai dikerjakan kurang lebih 2-3 bulan setelah anda menerima STNK baru. Untuk itu biasanya petugas akan meminta nomor telepon anda untuk dihubungi kembali bila plat nomor sudah selesai dibuat. Petugas juga akan memberi stempel/ catatan di STNK bahwa plat nomor sedang dalam proses pembuatan, sehingga bila anda diberhentikan petugas Polantas di jalan karena memakai plat nomor yang sudah kadaluarsa, anda dapat menunjukkan catatan tersebut.

Demikian prosedur dan mekanisme proses perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan. Hindari penggunaan jasa calo dan tetap taat pajak sebagai cerminan warga negara yang baik.