..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Enam Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Overheat

Enam Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Overheat

Dipublish pada 23 Januari 2020 | Dilihat sebanyak 218 kali | Kategori: Promo & Info

Perawatan untuk kendaraan harus selalu diberikan agar terhindar dari masalah saat berkendara. Salah satu masalah yang bisa saja terjadi ialah overheating atau mesin mengalami panas berlebih.

Karena itu, mesin mobil yang terlalu panas jangan dianggap remeh, karena dapat memicu kerusakan yang lebih besar dan masalah serius bagi kendaraan kesayangan.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan seharusnya mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab mesin mobil overheat seperti:

1. Radiator Kering

Radiator kering dapat terjadi saat air yang biasanya terisi atau coolant dalam radiator habis. Tak hanya itu, radiator yang kering juga dipicu dari sirkulasi radiator yang bocor dan suhu mesin yang meningkat.

Saat radiator tidak lagi terisi dengan air atau coolant maka proses pendinginan mesin akan lebih sulit. Yang terjadi selanjutnya, mesin mobil bisa saja overheat.

2. Radiator Bocor atau Rusak

Fungsi utama radiator mobil ialah mendinginkan suhu mesin. Ketika radiator rusak, proses pendinginan mesin mobil otomatis akan terganggu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan radiator rusak atau bocor.

Salah satunya, umur yang sudah tua sehingga memerlukan perbaikan atau diganti dengan yang baru. Kekurangan air juga dapat menyebabkan radiator rusak.

Selain itu, gesekan dengan benda keras saat berkendara bisa menjadi salah satu alasan radiator rusak.

3. Karet Penutup Radiator tidak Cocok

Karet penutup pada radiator berguna untuk menjaga tekanan air panas agar lebih kecil dibanding sistem pendingin mobil.

Ketika karet penutup tersebut tidak sesuai, maka sistem pendinginan akan terganggu. Akibatnya mesin mobil mudah panas.

4. Motor Fan Radiator Rusak

Mesin mobil yang terlalu panas bisa disebabkan kipas pendingin radiator rusak. Pada dasarnya, kipas mobil berfungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin mobil agar tetap dingin.

Dengan demikian, suhu mobil dapat terus terjaga. Ketika kipas mobil rusak, pemilik dapat memeriksa fan belt, dinamo, atau posisi pemasangan kipas.

5. Penggunaan Cairan tidak Tepat

Penyebab lain overheating pada mesin mobil adalah penggunaan cairan yang tidak tepat. Agar dapat berfungsi dengan baik, radiator perlu diisi dengan cairan khusus atau yang disebut dengan coolant.

Namun, terkadang pengendara melupakan hal tersebut dan kerap mengisi radiator dengan air biasa. Hal ini dapat menyebabkan radiator cepat rusak karena air biasa mengandung mineral yang dapat mengendap sehingga menimbulkan kerak.

Air biasa juga tidak bisa mendinginkan suhu mesin semaksimal coolant, karena cairan dirancang dengan berbagai bahan tambahan, sehingga sanggup menjaga suhu ruang bakar.

6. Kualitas Oli Mobil tidak Mumpuni

Oli mobil berperan cukup penting dalam menjaga suhu mesin. Oli dengan kualitas buruk dapat membuat mesin lebih cepat panas. Hal ini dikarenakan kualitas oli yang buruk tidak mampu menjaga suhu mesin mobil diluar batas maksimal.

Dengan mengetahui berbagai macam penyebab overheat pada mesin mobil, pemilik kendaraan dapat melakukan pencegahan dini agar suhu mesin mobil tidak mengalami overheat sehingga Anda dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Bagikan informasi tentang Enam Hal yang Menyebabkan Mesin Mobil Overheat kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Tips Perawatan Mobil Toyota Rush

Dipublish pada 11 Desember 2019 | Dilihat sebanyak 275 kali | Kategori: Promo & Info

Hallo Auto Family Berikut merupakan tips untuk perawatan mobil Toyota Rush: 1. Menjaga Cat Kendaraan Metode Merawat Kendaraan yang Benar pertama merupakan perawatan pada catnya. Dikala kita pertama kali melihat mobil pasti pada tampilannya yang elegan salah satunya pengaruh oleh... selengkapnya

Merawat Mobil Kala Musim Hujan

Dipublish pada 18 Mei 2020 | Dilihat sebanyak 234 kali | Kategori: Promo & Info

Musim hujan bercurah tinggi, butuh perhatian ekstra bagi pemilik mobil. Jika tidak, air hujan yang seharusnya berkah, malah bisa jadi musibah. Sejumlah kerusakan bisa saja terjadi pada mobil Anda jika menganggap remeh guyuran air hujan. Salah satu yang paling sering... selengkapnya

Kenali Bedanya Air Filter Toyota untuk Mesin Bensin dan Diesel

Dipublish pada 14 November 2019 | Dilihat sebanyak 169 kali | Kategori: Promo & Info

Komponen filter udara memiliki peran yang sangat penting bagi mesin mobil Toyota kesayangan kamu. Karena dalam proses pembakaran pada mesin akan menyedot udara yang sangat mungkin mengandung partikel -partikel kecil seperti debu yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin jika tidak... selengkapnya

Jejak Pengunjung

21702
Hari ini : 95
Kemarin : 93
Bulan ini : 1323
Tahun ini : 4260
Total Kunjungan : 21702
Hits Hari ini : 540
Total Hits : 59614
Who's Online : 4

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang