..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » Cara Tepat Bersihkan Busi

Cara Tepat Bersihkan Busi

Dipublish pada 15 Mei 2020 | Dilihat sebanyak 260 kali | Kategori: Promo & Info

Membersihkan busi, tepatnya pada bagian kepala (elektroda) dengan sikat kawat atau amplas, mungkin banyak dilakukan orang. Bahkan sudah menjadi kebiasaan lama, dengan tujuan menghilangkan kotoran yang menempel, agar performa busi kembali normal. Tapi benarkah cara itu?

Sebelum masuk lebih dalam, perlu diketahui kotoran ini sebenarnya adalah karbon yang menempel. Ia terbentuk dan menumpuk seiring pemakaian kendaraan. Penyebabnya beragam, antara lain kendaraan bergerak terus menerus dalam kecepatan rendah, banyak berhenti terlalu lama, kelistrikan terganggu. Atau adanya kerusakan pada sistem mekanis (injektor bahan bakar, sensor oksigen dan sebagainya).

Jika tumpukannya sudah terlalu tebal, kedua elektroda yang berada di ujung busi sulit menciptakan percikan listrik. Hasilnya pembakaran dalam ruang silinder menjadi tak sempurna atau bahkan tidak terbentuk sama sekali. Bila sudah begini, perlu dilakukan pembersihan.

Dikatakan Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, kebiasaan menggosok dengan sikat kawat atau amplas memang dapat menggerus karbon. Namun, teknik ini juga berisiko mengikis elektroda, mengakibatkan celah antara keduanya melebar. Bila jaraknya semakin jauh, maka fungsi busi mengalami penurunan yang berdampak pada tak optimalnya kinerja mesin.

“Turunnya kemampuan kendaraan paling terasa saat melewati tanjakan. Walau sudah ambil ancang-ancang jauh, tapi begitu di tengah-tengah tanjakan, tenaganya turun,” jelasnya.

Cara yang direkomendasi, yakni dengan cairan pembersih berbentuk aerosol. Selain efektif membersihkan karbon, risiko elektroda terkikis bisa terhindar. Meski begitu, tak sembarang produk bisa dipakai. Harus menggunakan yang tak mengandung material metal. Lantaran reaksi kimianya punya efek yang sama layaknya memakai sikat kawat atau amplas. Salah satu yang paling aman adalah brake cleaner.

“Brake cleaner itu tidak mengandung metal. Fungsinya kan untuk membersihkan debu-debu dan sisa kampas yang menempel. Jadi dia tidak mengikis elektroda. Kalau pakai WD-40, dia mengandung metal. Karena fungsinya kan melunturkan karat,” tuturnya.

Namun, trik ini hanya ampuh diterapkan pada karbon kering. Beda kasus bila kotorannya membandel atau sudah menjadi kerak yang menempel di elektroda. Penyebabnya banyak. Mulai dari bahan bakar yang masuk berlebihan, sampai ada material asing yang masuk dan melebur karena terbakar. Sayangnya tak ada cara yang ampuh untuk membersihkannya, pemilik kendaraan disarankan untuk mengganti busi.

Pembersihan kepala busi dari karbon memang dapat mengembalikan performa, namun tak sepenuhnya sempurna. Selain itu, tindakan ini juga tidak bisa dilakukan terus menerus. Busi diciptakan memiliki masa pakai. Jika sudah terlalu lama digunakan, ada baiknya diganti.

Bagikan informasi tentang Cara Tepat Bersihkan Busi kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Proses Perpanjang STNK

Dipublish pada 29 November 2019 | Dilihat sebanyak 750 kali | Kategori: Promo & Info

Setiap kendaraan bermotor pasti dilengkapi dengan STNK atau Surat Tanda Nomor Kendaraan. Di lembar STNK harus dilampirkan lembar pajak kendaraan yang diterbitkan oleh SAMSAT dimana pemilik kendaraan tinggal.Nah, pajak kendaraan yang dibayar pemilik setiap tahunnya termasuk juga pengesahan STNK. Maka... selengkapnya

Manfaat Sarung Mobil dan Tips Memilihnya

Dipublish pada 4 November 2019 | Dilihat sebanyak 313 kali | Kategori: Promo & Info

Terbatasnya area parkir di dalam ruangan (indoor) sering kali membuat kamu terpaksa harus memarkirkan mobil kesayanganmu di area parkir luar ruangan (outdoor). Jika parkir di luar ruangan (outdoor) hal tersebut menandakan bahwa mobil kesayanganmu akan terkena sinar matahari langsung. Untuk... selengkapnya

Toyota Bakal Luncurkan SUV Baru Berbasis Toyota Yaris, Ini Bocorannya

Dipublish pada 3 Maret 2020 | Dilihat sebanyak 133 kali | Kategori: Promo & Info

Toyota akan kembali merilis sport utility vehicle (SUV) kecil yang ditempatkan di bawah C-HR. Mobil tersebut bakal berbagi platform dengan Yaris baru. Dilansir dari Carscoops, Jumat (21/2/2020), SUV anyar Toyota ini dijadwalkan meluncur perdana di Geneva Motor Show 2020, pada 3 Maret mendatang, pukul 11.15 pagi... selengkapnya

Jejak Pengunjung

29271
Hari ini : 25
Kemarin : 87
Bulan ini : 2298
Tahun ini : 11829
Total Kunjungan : 29271
Hits Hari ini : 180
Total Hits : 89244
Who's Online : 2

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang