..::DAPATKAN PROMO MOBIL TOYOTA MELALUI WEBSITE INI::.. ..::PAKET KREDIT DENGAN BUNGA 0%::.. ..::MENERIMA DP MINIM JAMINAN ACC::.. ..::TENOR HINGGA 7 TAHUN::.. ..::BI CHECKING?? TAKUT REJECT?? KAMI ADA SOLUSI::..
Menu
Model
Beranda » Promo & Info » 3 Tips Memilih Kampas Rem Aftermarket untuk Mobil

3 Tips Memilih Kampas Rem Aftermarket untuk Mobil

Dipublish pada 16 November 2019 | Dilihat sebanyak 386 kali | Kategori: Promo & Info

Penggantian kampas rem pada kendaraan wajib dilakukan setelah mencapai jarak tempuh tertentu, atau bila ketebalannya terlihat sudah menipis. Pasalnya kampas rem merupakan komponen penting di sektor pengereman untuk menghentikan laju kendaraan.

Bila dibiarkan performa pengereman akan menurun dan bisa menimbulkann bahaya. Bahkan saking pentingnya fungsi rem sebagai faktor keselamatan, tak sedikit pengguna mobil yang mencoba beralih menggunakan kampas rem aftermarket menggantikan standarnya.

Dibanding kampas rem standar, sejumlah produk aftermarket menjanjikan performa pengereman yang lebih baik lantaran menggunakan material lebih berkualitas. Nah, kalau kamu berniat menggunakan kampas rem aftermarket, simak 3 tips berikut.

1. Material yang digunakan

Dengan tujuan mendapatkan performa rem yang lebih baik, penggunaan kampas rem aftermarket baiknya memperhatikan material yang digunakan. Dibanding kampas rem standar bawaan produsen, beberapa kampas rem aftermarket telah menawarkan penggunaan kandungan material keramik dan karbon.

Bahkan ada juga kampas rem aftermarket yang menggunakan kandungan material Kevlar. Alhasil, performa pengereman pun meningkat cukup signifikan dibanding standarnya. Namun di sisi lain, harga yang harus dibayar juga lebih mahal.

2. Hindari kampas rem kompetisi

Terkadang orang berpikir penggunaan part kompetisi akan memberikan performa yang jauh lebih baik ketika dipasang pada kendaraan harian. Padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa part kompetisi yang tidak disarankan untuk kendaraan harian.

Salah satunya adalah kampas rem. Bukannya tanpa alasan, pasalnya kampas rem kompetisi memiliki suhu optimal pengereman yang cukup tinggi. Kampas rem kompetisi baru akan beroperasi optimal pada suhu 100-500 derajat Celsius.

Ketika suhu tersebut tidak tercapai, performa pengereman justru menurun sehingga bisa membahayakan pengemudi. Bandingkan dengan suhu optimal yang disarankan untuk kampas rem pada mobil harian yang berkisar antara -18 derajat Celsius sampai 150 derajat Celcius.

Jadi, memilih kampas rem aftermarket baiknya hindari yang untuk tujuan kompetisi.

3. Koefisien gesek

Hal selanjutnya yang baiknya diperhatikan adalah koefisien gesek pada kemampuan kampas rem aftermarket yang ingin digunakan. Supaya lebih jelasnya, berikut standar koefisien gesek pada kampas rem.

E = 0,25 – 0,35

F = 0,35 – 0,45

G = 0,45 – 0,55

H > 0,55

Nah, kebanyakan kampas rem mobil menggunakan koefisien FF yang berarti F pada kondisi dingin dan F pada kondisi panas. Sedangkan koefisien GG umumnya terdapat pada kampas resmi jenis kompetisi. Tapi ada juga kampas rem harian yang mengusung koefisien FG.

Semakin besar koefisien gesek pada kampas rem, semakin baik kemampuan pengeremannya. Jadi untuk mendapatkan kemampuan pengereman yang lebih baik, informasi soal koefisien gesek pada kampas rem bisa diacukan acuan.

Semoga bermanfaat!

Bagikan informasi tentang 3 Tips Memilih Kampas Rem Aftermarket untuk Mobil kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

Roda Mobil Perlu Dirotasi, ini Alasan dan Caranya

Dipublish pada 29 Januari 2020 | Dilihat sebanyak 241 kali | Kategori: Promo & Info

Merotasi ban merupakan tindakan sederhana. Tapi tahukah Anda, perlakuan ini penting, khususnya dalam menjaga kondisi ban. Seiring pemakaian, roda mobil mengalami penurunan masa pakai. Namun, tingkat keausan di tiap sisi bisa berbeda-beda. Pasalnya, banyak faktor yang mempengaruhi habisnya si tapak... selengkapnya

Mengenal Jenis Drivetrain Mobil

Dipublish pada 26 November 2019 | Dilihat sebanyak 341 kali | Kategori: Promo & Info

Video games sekarang ini, atau bahkan 10 tahun terakhir, bukan hanya sebuah permainan untuk anak-anak saja. Usia dewasa pun masih sangat menggemari video games ini.Berhubungan dengan mobil, teringat video games yang cukup melegenda, siapa yang tidak pernah memainkan Grand Turismo?... selengkapnya

Cara Merawat Mobil Avanza Manual

Dipublish pada 2 Mei 2020 | Dilihat sebanyak 281 kali | Kategori: Promo & Info

Berikut tips merawat mobil Avanza secara manual yang bisa Anda kerjakan sendiri di garasi rumah Anda: 1. Membersihkan Eksterior Mobil Kendaraan layaknya seperti manusia, mereka perlu dimandikan agar bersih, tampil segar dan warna cat tetap terjaga. Mencuci eksterior mobil Avanza adalah kegiatan... selengkapnya

Jejak Pengunjung

29146
Hari ini : 52
Kemarin : 83
Bulan ini : 2173
Tahun ini : 11704
Total Kunjungan : 29146
Hits Hari ini : 239
Total Hits : 88398
Who's Online : 2

PEMBIAYAAN

- BCA Finance
- MayBank Finance
- Mandiri Tunas Finance MTF
- Mandiri Utama Finance MUF
- Mega Auto Finance MAF
- U Finance Indonesia UFI
- Toyota Astra Finance TAF
- Astra Credit Companies ACC
- Clipan Finance
- KKB BRI
Chat WhatsApp
Telp Sekarang